Kamis, 02 November 2017

Backpack

Wisata beransel (bahasa Inggris: backpacking) adalah perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper. Adapun barang bawaan hanya berupa tas yang digendong, pakaian secukupnya, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu. Biasanya orang yang melakukan perjalanan seperti ini adalah dari kalangan berusia muda, tidak perlu tidur di hotel tetapi cukup di suatu tempat yang dapat dijadikan untuk beristirahat atau tidur.

Perjalanan seperti ini dilakukan di dalam negeri ataupun di luar negeri. Backpack merupakan istilah bahasa Inggris yang artinya tas yang digendong di belakang.
Pengertian Backpacker

Backpacker adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain baik di negara sendiri atau negara lain dengan biaya yang ditekan seirit mungkin. Mereka tidak hanya bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah di jangkau sebelumnya, tetapi juga bergaul dan mencoba memahami budaya setempat. Umumnya, para backpacker mengenakan tas ransel untuk membawa perbekalan dan memanfaatkan berbagai moda transportasi yang murah dalam perjalanannya. (Kompas, 15 mei 2010).

Jenis Backpacking

Flashpacker
Flashpacker adalah kata baru yang digunakan untuk merujuk ke pada backpacker yang sedikit lebih makmur dalam hal finansialnya. Sedangkan Backpacking secara tradisional dikaitkan dengan anggaran dan tujuan perjalanan yang relatif murah, flashpacking didefinisikan hanya sebagai Backpacking dengan anggaran yang lebih besar. Perbedaan flashpacker dengan backpacker :

·         Flashpacker adalah kaum penggemar jalan-jalan yang memposisikan diri di tengah-tengah 2 ekstrem, yakni Backpacker dan Turis.
·         Perbedaan antara Flashpacker dengan Turis : Jika Turis adalah kaum penggemar jalan-jalan yang tidak mau repot-repot mengurus tetek bengek perjalanannya dan menyerahkan semuanya kepada biro perjalanan dengan konsekuensi harus terikat jadwal dan agenda tur yang kaku, maka Flashpacker lebih memilih untuk merencanakan jadwal dan agenda perjalanannya serta mengurus sendiri semua kebutuhan perjalanannya supaya dapat mendalami dan memahami suatu destinasi dengan lebih baik dan dalam waktu perjalanan yang lebih fleksibel.
·         Perbedaan antara Flashpacker dengan Backpacker : Jika Backpacker adalah kaum penggemar jalan-jalan yang mencintai kebebasan waktu tetapi sangat berorientasi kepada anggaran (budget oriented), maka Flashpacker juga mencintai kebebasan waktu tetapi lebih berorientasi kepada pengalaman (experience oriented) serta lebih menghargai kemudahan dan kenyamanan (convenience & comfort) sehingga lebih fleksibel dan moderat dalam hal pengaturan anggaran.
·         Sebagai kaum penggemar jalan-jalan yang berorientasi kepada pengalaman (experience oriented), maka biasanya Flashpacker bersikap sangat time conscious atau berusaha bijaksana dalam memanfaatkan waktu perjalanannya supaya tidak terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak sejalan dengan tujuan perjalanan atau pengalaman yang hendak didapatkan, sekalipun berarti harus mengeluarkan dana ekstra.
 Gap-packer

"Gap-packer" adalah kata baru yang digunakan biasanya untuk merujuk kepada orang-orang yang backpack ke beberapa negara dalam waktu singkat sedangkan pada tahun kesenjangan antara sekolah dan universitas, atau antara universitas dan pekerjaan pertama mereka.

Megaloping

Megaloping adalah kata baru untuk menyebut Backpacking hanya menggunakan angkutan umum untuk ke sebuah tempat yang dituju.




Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Wisata_beransel
http://www.idiotraveler.com/2012/02/definisi-sejarah-dan-jenis-backpacker.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENENTUKAN KOMPOSISI PEMOTRETAN

Objektif : a. Menentukan posisi objek utama. b. Menata elemen pendukung yang diperlukan. A. Menentukan posisi objek utama  Secara um...