Jumat, 06 Oktober 2017

Tips Perlengkapan Ketika Ingin Mendaki Gunung

Illustration

Mendaki gunung  merupakan suatu hobi yang banyak di gemari oleh kalangan remaja. Suatu kegiatan sekaligus hobi yang menantang adrenalin dan memberi  kesan keindahan alam ini mulai buming atau tenar pada tahun 2012 akhir karna sebuah film yang berjudul  “5cm”. Film tersebut menceritakan tentang  5 orang sahabat yang mendaki Gunung Semeru dengan berbagai macam rintangan yang dilalui namun tetap peduli dan saling tolong-menolong satu sama lain. Dari situ lah mungkin rasa keinginan remaja saat ini mendaki gunung dengan teman dan juga sahabat mereka. Banyak orang berkata bila naik gunung disana kita dapat mengukur pertemanan atau  persahabatan kita terhadap teman kita, siapa kah yang peduli dan siapa kah yang hanya mementingkan diri sediri. Kita bisa melihatnya ketika di perjalanan mendaki nantinya.

Pembahasan kali ini saya akan memberikan pengalaman saya tentang apa saja yang kita akan bawa sebelum memulai Mendaki Gunung/Hiking.

·         Perlengkapan Pribadi
1.       Jaket tebal
2.       Baju
3.       Celana pendek
4.       Celana Panjang / Celana Training / Celana Cargo
5.       CD (Celana Dalam)
6.       Sarung tangan
7.       Kupluk  / Topi
8.       Sleeping Bag / Kantung Tidur
9.       Senter / Head Lamp
10.   Sepatu Outdoor
11.   Kaos kaki tebal (Cadangan)
12.   Sandal Gunung

·         Perlengkapan Masak
1.       Nesting (panci kecil)
2.       Kompor parafin / kompor gas kecil
3.       Parafin / Gas Botol
4.       Gelas dan Sendok Garpu
5.       Pisau / Gunting

·         Logistik
1.       Mie Instan
2.       Air Mineral
3.       Beras
4.       Madu
5.       Biskuit
6.       Coklat dan Permen
7.       Sosis, Ikan Sarden atau Otak-otak
8.       Bubur Kacang Ijo

·         Perlengkapan lainnya
1.         Tenda
2.         Matras
3.         Jas Hujan
4.         Obat-obatan
5.         Masker
6.         Body Lotion / Hand body
7.         Kamera
8.         Tas kecil (backpack/slempang)
9.         Tas Carriel
10.     Cover Bag ( mantel tas)
11.     Sikat Gigi
12.     Sabun dan Sabun Muka
13.     Tali
14.     Tissu basah dan Tissu Kering
15.     Power Bank
16.     Kantong Sampah



KETERANGAN:
Dari keterangan di atas saya membagi  4 bagian perlengkapan karena untuk memudahkan penempatan barang-barang sesuai dengan jenisnya. Pertama perlengkapan pribadi harus lah di pisahkan dari perlengkapan yang lain, biasanya saya menempatkan perlengkapan pribadi saya dengan sebuah plasitk berbeda begitu juga letaknya. Saya menggunakan kantung plastik besar nantinya akan di isi dengan barang-barang yang saya jelaskan di atas. Baju dan celana biasanya saya membawa sesuai berapa hari kita ke tempat tersebut.  Kedua saya menaruh logistik dalam plastik berbeda dengan barang pribadi, yang pastinya agar tidak bau bila di gabungkan.

PENEMPATAN:
Pada penempatan sebuah barang saya membaginya sesuai dengan tas yang akan kita bawa. Perlengkapan-perlengkapan seperti perlengkapan pribadi saya menempatkan pada Tas Cerriel. Pertama, saya melipat matras berbentuk bulat lalu di masukan ke dalam carriel dengan posisi vertikal dengan lubang di tengahnya, setelah itu saya masukan perlengkapan pribadi yang sudah di ikat plastik ke dalam matras, lalu saya taruh paling bawah. Mengapa saya taro paling bawah karna saat perjalanan pastinya kita tidak sempat lagi untuk mengganti pakaian, pastinya hanya memikirkan haus, lapar dan kelelahan. Selanjutnya pada sisi tengah carriel biasanya saya mengisi dengan terpal tenda dan alat-alat masak se-muatnya. Pada sisi samping saya menaruh frame tenda dan juga air minum, dan pada atas saya menaruh jas hujan dan juga sandal gunung.
Kedua, perlengkapan logistik biasanya saya menaruh pada tas yang berbeda agar tidak terjadi rusaknya makanan dan bau pada pakaian. Walaupun di daerah hutan kita harus tetap menjaga bau aroma tubuh kita dan menjaga dari binatang yang mencium bau yang menyengat dari makanan, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Biasanya saya menaruh logistik pada tas backpack dengan ukuran lebih kecil dari carriel, tujuan lainnya saya memisahkan barang tersebut apabila kita kelaparan atau ingin makan-makanan ringan saat perjalanan kita tidak lagi repot-repot membuka tas carriel yang besar. Cukup dengan tas backpack yang penuh makanan kita mudah untuk menggambilnya dan tidak kesusahan menata dan menutup tas kembali.


Sekian sedikit pengalaman yang saya berikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kekurangan dalam tips yang saya berikan terima kasih, Salam Lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENENTUKAN KOMPOSISI PEMOTRETAN

Objektif : a. Menentukan posisi objek utama. b. Menata elemen pendukung yang diperlukan. A. Menentukan posisi objek utama  Secara um...